Rabu, 17 April 2013

Klub Sepakbola Terkaya 2013

Real Madrid masih mempertahankan statusnya sebagai klub terkaya untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut. Klub asal Spanyol itu menjadi tim olahraga pertama yang berhasil memecahkan rekor pendapatan yakni sebesar 500 juta euro mengalahkan pesaingnya Barcelona.

Dalam laporan dari perusahaan akuntansi Deloitte, pendapatan kedua klub  meningkat 7% selama musim 2011/12 dimana Madrid mengalami peningkatan sebesar 512,6 juta euro sedangkan Barcelona sebesar 483 juta euro.

Untuk posisi enam teratas klub terkaya tidak mengalami perubahan, hanya Manchester United yang berada di peringkat ketiga mengalami penurunan pendapatan. Klub asal Inggris itu merosot pendapatannya sebesar 3% menjadi 320,3 juta poundsterling. Hal itu tidak lepas dari terhentinya langkah mereka di fase grup Liga Champions sehingga mengurangi pendapatan dari televisi.

Di peringkat keempat ada Bayern Muenchen dengan pendapatan sebesar 368,4 juta euro, lalu Chelsea sebesar 261 juta poundsterling dan Arsenal sebesar 234,9 juta poundsterling.
 “Ada pertumbuhan ekonomi minimal di Eropa dimana klub sepak bola tumbuh rata-rata 10 persen, kata Dan Jones, “ Direktur utama dari divisi olahraga di Deloitte seperti dikutip Usatoday, hari ini.

“Posisi enam teratas yang tidak berubah menekankan fakta bahwa klub-klub ini memiliki beberapa basis penggemar terbesar dan karenanya memiliki pendapatan terkuat, baik di pasar domestik dan internasional," tambah Jones.

Sementara itu City berada di posisi ketujuh klub terkaya dengan pendapatan sebesar 231,1 juta poundsterling. Peningkatan itu didapat setelah masuknya Etihad Airways sebagai sponsor dan juga pemasukan dari penampilan mereka di Liga Champions untuk pertama kalinya.


Daftar 20 klub terkaya:
Real Madrid, Barcelona, Manchester United, Bayern Muenchen, Chelsea, Arsenal, Manchester City, AC Milan, Liverpool, Juventus, Borussia Dortmund, Inter Milan, Tottenham, Schalke, Napoli, Marseille, Lyon, Hamburg, AS Roma, Newcastle.
(dat03/sindonews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar